Analisis Pengujian Metode Liquid Penetran Testing Bedasarkan Acceptance Criteria Penetrant Testing Pada Komponen Cessna 152
DOI:
https://doi.org/10.46509/jamets.v2i1.436Kata Kunci:
Non Destructive Test, Liquid Penetrant, Keretakan, Cessna 152, ASMEAbstrak
Pesawat Cessna 152 adalah pesawat terbang ringan bermesin tunggal yang banyak digunakan untuk pelatihan penerbangan. Struktur pesawat tersebut harus mampu menahan berbagai stress yang terjadi akibat gaya saat pesawat terbang. Salah satu area yang berpotensi mengalami penurunan kekuatan yaitu landing gear dan propeller hub. Penurunan kekuatan tersebut dapat menyebabkan terjadinya crack pada bagian tersebut. Oleh karena itu, deteksi cacat pada struktur pesawat sangatlah krusial. Liquid penetrant testing adalah salah satu metode untuk menemukan crack memanfaatkan daya kapilaritas pada permukaan uji sehingga crack dapat terlihat. Batas kriteria dari kecatatan yang ditimbulkan dapat diketahui dengan acceptance criteria penetrant testing ASME. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui indikasi dan batas kriteria kecacatan yang timbul pada axle landing gear dan propeller hub menggunakan liquid penetrant testing mengacu standar ASME . Metode yang digunakan kuantitatif dengan desain pengujian yakni hasil pengujian menyajikan data kuantitatif dari pengujian liquid penetrant testing pada komponen yang diuji. Diketahui hasil penelitian menunjukkan komponen axle main landing gear terdapat 2 kecacatan linear (crack) yang ukurannya diluar batasan yang ada dengan kriteria rejected dan propeller hub terdapat 2 kecacatan linear (crack) dan kecacatan rounded (pin hole) yang ukurannya diluar batasan yang ada sehingga dinyatakan juga rejected. Sesuai dengan standar ASME, kecacatan yang diperoleh ditolak, namun relevan tapi harus dilakukan maintenance.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JAMETS : Journal of Aircraft Maintenance Engineering & Aviation Technologies
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.